insting reflek akuatik atau kemampuan untuk segera menarik napas sebelum menyentuh air adalah fitrah yang Allah anugrahkan pada bayi sejak dalam kandungan. wajarlah jika kita menjaga fitrah bayi2 kita untuk akrab dengan air dan mengasah kembali kemampuan berenangnya. jangan pula kita lupa, Rasulullah saw bersabda, "Ajarilah anakmu berburu, berkuda dan berenang".

Norwegia, Renang adalah olahraga yang wajib dikuasai anak. Anak bisa diajarkan berenang sejak dini, bahkan sejak mereka masih bayi. Umur berapa bayi sudah bisa diajarkan berenang?
Sebuah studi menemukan bahwa bayi yang diajarkan berenang sejak masih berusia beberapa bulan, memiliki keseimbangan fisik dan kemampuan menggenggam yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak diajarkan berenang.

sejak usia 2 bulan. ia bisa dikenalkan kegiatan berenang
"Perbedaan ini tetap terlihat bahkan hingga anak berusia lima tahun," ujar Profesor Hermundur Sigmundsson, peneliti dari Norwegian University of Science and Technology, seperti dilansir dari Dailymail, Jumat (30/4/2010).

Bayi-bayi perenang telah berpatisipasi di kelas berenang selama dua jam seminggu dari usia 2-3 bulan sampai mereka berusia sekitar 7 bulan. Sesi yang khas dari kelas renang bayi ini adalah membantu bayi melakukan jungkir balik di atas objek yang mengapung, menyelam di bawah air, dan melompat dari tepi kolam. Selebihnya tergantung orangtua masing-masing bayi.

Profesor Sigmundsson dan Profesor Brian Hopkins dari Lancaster University, kemudian membandingkan 19 bayi perenang dan 19 bayi yang tidak berpartisipasi dalam kelompok renang bayi. Satu-satunya faktor yang membedakan mereka adalah berenang, faktor lain seperti pendidikan orangtua dan status ekonomi adalah sama.

Ketika mereka berusia lima tahun, dua kelompok ini diuji dengan beberapa latihan seperti keseimbangan pada satu kaki, lompat tali dan menangkap bantal. Hasilnya sangat mengejutkan. "Kami melihat dengan sangat jelas bahwa bayi yang diajarkan berenang sejak dini adalah yang terbaik dalam latihan yang berkaitan dengan keseimbangan dan kemampuan untuk mencapai sesuatu," ujar Profesor Sigmundsson.

Tapi Profesor Sigmundsson sangat heran, bagaimana para instruktur dapat membawa bayi berusia tiga bulan mencapai keseimbangan dengan mampu berdiri di atas tangan mereka. Sendi bayi-bayi terlihat terkunci dan merupakan suatu tontonan yang luar biasa.

Ia percaya bahwa mengajarkan anak berenang sejak bayi sangat memberi hasil nyata. Pelatihan khusus bagi bayi berpengaruh di kemudian hari. Perkembangan adalah saling dinamis antara pematangan, pertumbuhan, pengalaman dan pembelajaran. Dan kita tidak boleh meremehkan aspek pembelajaran.

Hasil studi ini akan dipublikasikan pada May 2010 issue of Child: Care Health and Development.
(mer/ir) http://www.detikhealth.com/read/2010/04/30/100008/1348329/764/umur-berapa-bayi-sudah-bisa-diajarkan-renang

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...