Secara umum, kesehatan dan kesejahteraan merupakan dua hal yang menjadi kata kunci ukuran keberhasilan sebuah masyarakat. Maka, keduanya pun menjadi program yang apabila digarap dengan serius oleh sebuah pemerintahan mampu meningkatkan kualitas generasi masa depan. Beberapa waktu lalu, pemerintah menggulirkan program yang dinamakan Indonesia Sehat 2010. Banyak kalangan menilai program ini belum berhasil sepenuhnya. Perlu penanganan holistik dan merata untuk mencapai kesadaran kesehatan dan menanamkan tekad untuk meningkatkan standar kesejahteraan.

Kendala yang tak sedikit ini membuat kita merasa perlu berbuat dengan sumberdaya yang tersedia. Diperlukan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan bangsa dan negara yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Salah satu usaha realistis yang dapat dilakukan adalah dengan memberdayakan elemen terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga. Sosialisasi dan pelatihan keterampilan yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan dan meningkakan kesejahteraan selayaknya dilakukan secara simultan. Pendampingan dan pembinaan tetap dilaksanakan hingga perilaku hidup sehat dan motivasi peningkatan kesejahteraan menunjukkan hasil yang signifikan.

Selayaknya usaha yang dilakukan berupa pelatihan, pendampingan, dan pembinaan seiring dengan proses memperdalam keimanan pada Allah SWT. Perbaikan kualitas fisik akan menjadi masalah baru jika kesehatan ruhani tak juga dijamah. Organisasi dan kelembagaan yang peduli dan ikut ambil bagian dalam bidang pelatihan dan pelayan kesehatan masyarakat berbasis religiuitas mulai dikenal.

Satu di antaranya, Muslimah Care. Kami berusaha menjawab permasalahan kesehatan dan kesejahteraan dalam keluarga. Pengutamaan sasaran pada kaum perempuan yang kami lakukan bukanlah pembatasan gender  namun lebih disebabkan oleh  peran mereka (perempuan) yang cukup besar dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Mengundang seorang dokter yang menekankan cara memelihara
kesehatan dan kesejahteraan keluarga dengan: kembali pada jalan Allah SWT.


Dalam rangka mencapai sasaran tersebut, Muslimah Care merumuskan upaya pokok program pelatihan (life skill) dan pelayanan kesehatan keluarga, yaitu melakukan sosialisasi  yang terkait dengan pembiasaan hidup sehat  secara jasmani dan ruhani serta melakukan pelatihan keterampilan untuk bekal (inspirasi) berwirausaha.  Kedua upaya ini diteruskan dengan pendampingan dan pembinaan. Diharapkan, peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan Muslimah Care mewujud menjadi pribadi yang cantik (sehat dan percaya diri), alami (mampu berbuat dengan kemampuan bawaan “gifted” sebagai anugerah Allah SWT), religius (terbiasa hidup dalam aturan agama), dan energik (semangat memperbaiki kulitas hidup) hingga menjadi teladan di masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...